Langsung ke konten utama

Kata Transisi/Konjungsi

Assalamualaikum….
Hy My SPS!!! Lama gak ketemu.
Kali ini,Nadiah akan membahas masalah kata transisi,untuk selengkapnya…
Kalian bisa baca artikelku yang satu ini!!!! Happy Reading <3

Pengertian

Transisi adalah mata rantai penghubung kalimat dalam suatu paragraf atau antar paragraf dalam suatu wacana.Transisi dapat diartikan pula sebagai kata konjungsi yang berguna sebagai kata penghubung antar kalimat.

Jenis – jenis Transisi/Konjungsi

Transisi kelanjutan
dan,lagi,lalu,serta,lagi pula,bahkan,kemudian,seterusnya, selanjutnya.
Contoh : Bahkan,Rafi mengetahui jika Feri dan Berlin bermusuhan

Transisi urutan waktu

dahulu, kemarin,kini,sementara itu,setahun yang lalu,sekarang,sesudah,setelah,sebelum
Contoh : Kini,Unik berjanji untuk menjadi anak yang rajin

Transisi klimaks
Paling…,se…nya,ter
Contoh : Untuk terakhir kalinya ,Balqis dihukum oleh ibunya

Transisi perbandingan
Sama dengan,seperti,ibarat,bak,bagaikan,laksana,semisal,seumpama,selayaknya.
Contoh : Wajahnya bagaikan bulan purnama

Transisi kontras/perlawanan
Tetapi,namun, tetapi,akan tetapi,namun demikian,biarpun,walaupun,bagaimanapun,sebaliknya
Contoh : Rara tak pernah patah semangat walaupun ia masih menyesalkan masa lalunya

Transisi jarak
Di sini,di sana,di situ,di samping,di kiri,di kanan,di atas,di belakang,di depan,di bawah,dekat,jauh,sebelah
Contoh : Ferdi sedang berdiri di samping Andika

Transisi ilustrasi
Umpamanya,misalnya,contohnya,gambarannya
Contoh : Mamalia adalah jenis hewan melata,contohnya kadal,cicak,buaya dan sebagainya

Transisi sebab-akibat
Karena,sebab,oleh karena itu,akibatnya,sehingga
Contoh :  Dania tidak masuk sekolah karena bepergian

Transisi kondisi/pengandaian
Jika,jikalau,andaikata,kalau,seandainya
Contoh : Seandainya Andhirra tidak makan es krim,pasti dia tidak akan sakit gigi

Transisi simpulan
Ringkasnya,kesimpulannya,simpulannya,garis besarnya,rangkumannya
Contoh : Kesimpulannya,Pak Ayus marah karena seluruh siswa kelas 7j membolos hari ini.

RALAT!!!

Kata ADALAH bukan merupakan kata konjungsi ataupun transisi,ia merupakan kata kerja penghubung.Maka dari itu,kata Adalah tak dapat diartikan sebagai kata Konjungsi atau Transisi walau namanya hampir sama namun maknanya berbeda.

Kata Kerja Penghubung berfungsi menghubungkan subjek dengan kata ganti atau adjektif (kata sifat) yang menerangkan subjek

Selengkapnya,kalian bisa mencari kata-kata transisi pada teks di bawah ini

 Persahabatan 7j Pertama
    
   Hari ini,adalah penempatan kelas tetap di SMP 1.Saat ini,pak Syafi’I sedang mengumumkan hasil penetapan siswa-siswi kelas 7.Nadiah mendengarkan pengumuman itu dengan antusiasnya,ia masih menunggu-nunggu namanya di sebut.Namanya tak kunjung di sebutkan hingga sampailah pada penetapan siswa kelas 7j.Namanya disebutkan pada urutan ke 20.Ia pun,langsung berlari meninggalkan tempat pengumuman.Ia mencari-cari kelas 7j yang ternyata terdapat di ujung.Nadiah langsung menempati kursi depan tepat di depan papan guru.Rupanya,Firdha teman se SD nya juga berada pada kelas tersebut.Firdha dan Nadiah pun duduk bersama.
    
   Hari ini,para siswa diharuskan untuk maju satu persatu memperkenalkan diri.Setelah itu,mereka di haruskan menghafal nama-nama temannya.Mereka pun saling berbicara ataupun bertukar cerita satu sama lain hingga akhirnya akrab.
   
    Kelas 7j kali ini,adalah kelas 7j pertama di SMP 1.Ternyata tak semulus apa yang dipikirkan,kelas ini sering kali di cemooh oleh orang-orang sekitar.Karena kelas terbelakang sehingga dinilai paling rendah dan terbodoh.Padahal,sebelumnya sudah di jelaskan bahwa pembagian kelas ini sama rata.Kelas 7j pun sering di cap sebagai kelas buangan.Semua kata-kata itu sangat menyakitkan hati siswa-siswi kelas 7j.Mengetahui hal itu,Ferdi sang ketua kelas pun berusaha menenangkan teman-temannya.Rara pun bangkit dan berkata

“Ayo!Kita buktikan bahwa kita bukan kelas buangan” Andhirra pun menimpali
 “Iya benar,buktikan jika kita bisa menjadi lebih baik dari kelas lain”

Mendengar hal itu,Nadiah kagum dengan kedua temannya itu.Ia pun ikut membangkitkan semangat siswa-siswi lainnya.
  
“Ya,buktikan bahwa anggapan itu semua salah.Maka dari itu,mari kita membuat janji persahabatan untuk kelas 7j”

Semua siswa pun bangkit.Zalfanny langsung memegang bolpoin untuk menulis isi perjanjiannya.Dania yang sejak tadi masih bersama i-pad nya turut bangkit di ikuti teman-teman lainnya.Mereka membuat suatu perjanjian yang isinya sebagai berikut :

  • Berjanji Sahabat Selamanya
  • Janji untuk selalu ada dalam suka dan duka
  • Berjanji untuk tidak semena – mena dan selalu bekerja sama dalam segala hal (kecuali nyontek)
  • Peduli terhadap masalah sahabatnya dan membantunya mencari penyelesaian terbaik
  • Janji untuk selalu terbuka
  • Berjanji,akan membuat sejarah 7j pertama
Mereka melakukan perjanjian itu dengan saling berpegangan tangan membentuk lingkaran.Sambil membacakan janji itu bersama-sama.Itulah kelas 7J dengan kekompakannya.
    
   Pagi itu,seluruh ketua kelas 7 disuruh ke kantor kepala sekolah.Disana,mereka di beritahukan bahwa akan ada kemah di SMP 1 selama 2 hari.Saat,Ferdi mengumumkan hal itu,siswa-siswi kelas 7j langsung senang,ini kesempatan pertama mereka untuk membuktikan kelas 7j bukan kelas terendah dari seluruh kelas.
    
   Hari perkemahan pun tiba,kelas 7j pun telah siap dengan peralatannya.Dari mendirikan tenda ,menata barang-barang dalam tenda,mreka lakukan bersama.Semua ikut bekerja sesuai dengan janji mereka.Mereka pun menjalaninya dengan senang,dengan menghormat pada bendera regu,menyanyikan yel-yel.Mereka lakukan dengan riangnya.Semboyan mereka “ 7 Jebret…lakukan yang terbaik untuk 7Jebreet…”
    
   Tibalah saatnya pengumuman regu terbaik,saat itu perkemahan telah usai.Pengumuman juara pun disebutkan dari urutan nomor 3.Betapa terkejutnya,setelah mereka tahu bahwa kelas 7j adalah juara pertamanya.Rara yang menjadi penerima hadiahnya.Yel-yel mereka pun terus dikumandangkan,dengan Unik sebagai pemandu utamanya.Kini,mereka dapat membuktikan kelas 7j bukan kelas terburuk ,dari kekompakan mereka menghadapi segala rintangan.Maju Terus 7J…!!!

Maaf ya…kalo contoh teksnya kepanjangan…!!! Sekalian promosi 7J. The Best of Class!!!

Salam Manis…!!!
Wassalamualaikum…

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Virtual Families 2 : Event

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,… sobat!! Pada kesempatan kali ini,saya akan membahas tentang game Virtual Families 2. Tapi tidak secara lengkap,melainkan event-event nya saja.Nah, agar para pemain game ini tahu apa yang harus dilakukan ketika muncul suatu event yang dampaknya entah merugikan atau menguntungkan.Terutama bagi para pemain amatir yang belum berpengalaman nih,… y udahlah gk usah panjang2. Mari kita bahas! 1.        Anak Laki-laki Penjual Kue (Little Boy Selling Cupcakes) Nah,pada event kali ini. Singkatnya ada anak laki-laki miskin yang menawarkan kuenya untuk dibeli. Para gamers, kali ini menurut kebijaksanaan aja deh.Kue yang dijual itu harganya hanya 10 koin kok.Dibeli gak dibeli ya gak masalah.Tapi,menurut saya beli aja deh. Kasihan soalnya,sama anaknya….. Kan tuh,setelah dibeli… anak kecil penjual kue tadi matanya sampai terbasahi air mata loh…..Terharu   saya….. L 2.        Inspektur Dewasa (Adult-proof) Nah,kali ini haru

Persamaan derajat (HAM) dalam agama dunia (Menurut Pandangan Agama di Indonesia dan dunia)

Assalamualaikum saya ucapkan,bagi yang Non-Muslim Sampai jumpa kembali. Kali ini membahas Hak Asasi dalam agama dunia nih sobat.Semoga kalian terbantu memahami pengertian2 berikut.Insyaallah,wawasan kalian akan bertambah,terutama agama yang memiliki kasta! Nah,tuh gimana? Nanti kalian baca, Wassalam . . .   §   Dalam Pemerintahan di Indonesia Hak asasi Manusia adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan. HAM berlaku secara universal. Dasar-dasar HAM tertuang dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1 UUD 1945 Pasal 27 (1) Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. Pasal 28A Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidup